Selamat Datang di Web PELATIHANSPIRITUAL.COM

Dapatkan Artikel Spiritual, Ilmu & Makrifat, Solusi Masalah, Kunci Pembuka Rezeki dan Masalah Rumah Tangga. Salam Sehat & Sukses Selalu
Loading Konsultasi Spiritual

PENDAHULUAN

Segala puji Bagi Allah, Maharaja Yang Bijak, Yang Maha Pemurah lagi Pemulia, Sang Pemulia Yang Mulia, Tuhan Yang Mahaperkasa lagi Bijaksana. Dia-lah yang menciptakan Manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya; membentangkan langit dan bumi dengan kekuatan kuadrat-Nya; mengatur segala urusan dengan hikmah-Nya ; Dan tidak ada Ia ciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada–Nya. Salawat dan salam semoga melimpah ruah kepada penghulu segala Rasul Allah beserta seluruh keluarganya yang baik lagi suci. Semoga Allah SWT menyelamatkan dan memuliakan mereka hingga hari Pembalasan.
Sesungguhnya bagi siapapun yang berhajat menuju-Nya, jalan sedemikian jelas. Siapa pun yang merenungkan eksistensi-Nya akan bertemu dengan bukti-bukti yang terhampar luas-meskipun demikian, tetap Allah jualah yang berkuasa penuh untuk menentukan hamba mana saja yang akan Dia anugerahi hidayah/ untuk menempuh jalan spiritual, karena hanya Dia yang lebih tahu siapa yang paling pantas memperoleh hidayah. Demikian pula sebaliknya, Dia pun berkuasa penuh untuk menentukan siapa saja yang tersesat dari jalan-Nya.
Saat bangun di pagi hari, apakah yang Anda inginkan? Ya, tentu Anda ingin urusan hari ini lancar. Anda tidak ingin menemui masalah, apalagi masalah yang menjengkelkan di hari ini. Intinya, hari ini Anda ingin bahagia, tidak ingin sedih, ingin bersuka ria tidak ingin berduka serta ingin lebih dekat sama Pencipta Anda yaitu Allah SWT. Lebih mendekatkan diri pada sang khalik tanpa harus ada beban duniawi yang bisa membuat Anda jauh dari-Nya.
Memang senang dan sedih, suka dan duka adalah dua perasaan yang berlawanan yang diberikan Allah kepada manusia. Jadi, setiap manusia pasti mengalami perasaan suka maupun duka. Suatu saat bersuka ria, suatu saat berduka. Bahkan sekali-kali kadang bercampur, suka dan duka menjadi satu. Setiap manusia mengalami kesedihan dan kebahagian dalam porsi yang sama. Mustahil seseorang, apalagi dalam seluruh hidupnya mengalami rasa duka terus-menerus, atau bahagia senantiasa. Orang kaya yang berlimpah harta dan kedudukan, yang kita menyangkanya selalu bahagia, pasti ada rasa duka yang hinggap sewaktu-waktu di dalam dirinya. Demikian pula, seseorang yang selalu hidup dalam kemiskinan tidak berarti kebahagiaan tidak pernah singgah dalam dirinya. Suka dan duka singgah di diri manusia dalam kurun waktu yang sama, itu adalah sebuah keniscayaan yang datang dari Allah SWT.
Jadi, bisakah kita memilih selalu bahagia? Tentu saja bisa jawabnya sederhana, kita bisa bahagia pada hari itu apabila kita menginginkan bahagia dan berusaha untuk menjadi gembira. Saya ingin hari ini bahagia dan saya Insya Allah harus bahagia. Bagaimana bisa? Bukankah masalah setiap hari yang membuat hati kita gundah selalu saja ada?. Jika kita menginginkan bahagia kemudian menemui hambatan-hambatan yang mengganggu perjalanan spiritul kita  dan menyedihkan hati maka kita harus ingat bahwa kesedihan atau hambatan yang Allah berikan kepada kita harus ingat bahwa hambatan tersebut pasti ada hikmah di dalamnya. Pikiran kita lalu mengkaji ada apa di balik kesedihan yang kita alami. Dengan pikiran Spiritual akan segera menemukan hikmah yang terkandung dalam kesedihan. Selalu saja ditemukan hikmah yang bermanfaat buat diri kita, apakah manfaatnya besar atau kecil, tetapi selalu ada.
Hidup ini memang sederhana. Untuk mendapatkan kebahagiaan dan keindahan dalam hidup juga sederhana. Seperti penuturan HM. Syaiful M. Maghsri bahwasanya spiritual akan dapat menguak penyebab masalah-masalah yang sesungguhnya. Masalah yang terjadi karena merupakan pembalikan dari kebenaran hakiki, kebenaran Ilahiah, yang selalu nampak dalam indera kita adalah apa yang ada di permukaan dan bukan apa yang sebenarnya. Kehidupan spiritualitas membawa perubahan dalam dunia pengalaman dengan penuh kesadaran, dan mengubah kondisi kesadaran dari negatif kee positif, dari sistem keyakinan yang terdistorsi keterbukaan terhadap keutuhan yang dapat bergerak melalui kita jika berpikir. Cara bekerja dengan kesadaran membudayakannya, menggunakan sehingga dapat bekerja sesuai dengan hukum kehidupan dan bukan menentang hukum kehidupan.
Hidup bahagia, indah dan sederhana, bukan sesuatu yang rumit. Seseorang yang menginginkan kebahagiaan resepnya cukup sederhana, anggaplah hidup sebagai karunia. Apa yang dikaruniakan kepada kita sungguh patut di syukuri. Apabila karunia-Nya sesuai  dengan keinginan kita maka ucapkanlah, “Alhamdulillah.” Jika ternyata karunia-Nya tidak seperti ekspektasi kita, maka bersabarlah. Allah telah memberikan yang terbaik buat kita dengan karunia tersebut. Ia lebih tahu tentang kita daripada kita sendiri. Seperti firman-Nya.
Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah Maha Mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Q.S. Al-Baqarah : 216)
Lambat laun dengan pencarian “Pencerahan” hikmah yang terkandung, seseorang akan mengucapkan syukur. Hikmah yang terkandung dalam suatu musibah atau godaan, bisa jadi melebihi manfaat dari sebuah karunia. Apabila Allah sudah menjanjikan manfaat dari sebuah Pencerahan. Apabila Allah sudah menjanjikan apabila ada kesedihan, bergembiralah karena setelah kesedihan ada kegembiraan, setelah kesulitan ada kemudahan. “Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Q.S. Alam Nasyrah : 6)
Menjadikan hidup indah dan bahagia ternyata cukup sederhana, bersyukurlah ketika mendapatkan anugerah, bersabarlah saat mendapat musibah. Dan jangan lupa, selalu berprasangka baik kepada-Nya. Allah selalu memberikan yang terbaik kepada kita, asala kita mematuhi hak-Nya. Asal kita merasa bahwa yang diberikan kepada kita adalah yang terbaik, Insya Allah kebahagiaan akan selalu menyelimuti kita meskipun musibah sedang menimpa.
Oleh karena itu, sederhanalah menjalani hidup. Sederhanalah dalam mendapatkan kebahaagiaan, maka keindahan akan kita jumpai di dalamnya. Sederhana itu indah. HM. Syaiful M. Maghsri menggambarkan kehidupan itu indah ketika ridho orang tua dan ridho Allah berjalan pada porosnya.
Kehidupan yang begitu berat menurut banyak orang yang hidup di dunia ini, tetapi kehidupan akan terlihat indah ketika Ridho Orang Tua dan Ridho Allah ada dalam menjalani kehidupan ini pula.
Anda yang sedang dan akan membaca setiap artikel di web SyaifulMMaghsri ini, diharapkan mendapat Pencerahan karena isinya sangatlah sederhana. Sebuah Pencerahan yang sehari-hari muncul di benak kemudian terealisasikan dalam kehidupan sehjari-hari. Kita tinggal menjalani hidup yang dilandasi dengan nilai-nilai Spiritual, dibarengi dengan perjuangan untuk mengatasi halangan dan rintangan yang sesungguhnya rintangan yang kita hadapi pasti sesuai dengan harapan kita untuk menghadapinya.
Tentunya jika perjalanan Anda disandarkan pada kehendak Allah dan Ridha-Nya, maka perjalanan spiritual terasa ringan, penuh panorama ke indahan, keceriaan dan kebahagiaan dan Anda pasti segera bersyukur kepada Allah telah memberi kesempatan kepada Anda untuk lebih dekat dengan Kasih Sayang-Nya, Cahaya-Nya dan Karunia-Nya yang sesungguhnya terus mengalir dalam kehidupan kita. Salam Sehat & Sukses selalu.




0 komentar:

Posting Komentar

Berikan TANGGAPAN Anda Tentang INFO ini untuk Memberikan INSPIRASI dan MOTIVASI Pembaca Lain. Tinggalkan KOMENTAR Anda DISINI