Selamat Datang di Web PELATIHANSPIRITUAL.COM

Dapatkan Artikel Spiritual, Ilmu & Makrifat, Solusi Masalah, Kunci Pembuka Rezeki dan Masalah Rumah Tangga. Salam Sehat & Sukses Selalu
Loading Konsultasi Spiritual

Hati Lebih Dalam (Fu'ad)


Hati lebih dalam adalah tempat penglihatan batiniah dan inti cahaya makrifat. Makrifat berarti “kearifan batiniah” atau “pengetahuan hakikat spiritual.”
Hati dan hati lebih dalam sangatlah berkaitan erat dan  pada waktu tertentu, hampir tidak dapat dibedakan. Hati mengetahui sedangkan hati lebih dalam melihat. Mereka saling melengkapi, seperti halnya pengetahuan dan penglihatan. Jika pengetahuan dan penglihatan dipadukan, maka yang gaib menjadi nyata, dan keyakinan kita akan menguat.
Mereka yang memiliki pengetahuan tanpa penglihatan, seperti halnya para sarjana yang telah mempelajari sebuah negeri asing selama beberapa tahun, namun tidak pernah mengunjunginya. Berapa pun banyaknya yang mereka pelajari dari kejauhan, tetap akan terdapat beberapa kekurangan dari pemahaman mereka.
Menyadari kehadiran Tuhan. Malaikat Jibril bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, “Ya Muhammad, apakah ihsân itu? Beliau menjawab, “Kamu menyembah Tuhan seolah-olah kamu melihat-Nya, dan jika kamu tidak mampu melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu.”
Orang-orang beriman melihat Tuhan mereka dengan mata hatinya. Atau, mereka meyakini di dalam hati bahwa Tuhan melihat mereka. Jika, kita mengetahui bahwa kita selalu berada di bawah pengawasan Tuhan, jika kita benar-benar merasakan kehadiran-Nya, maka tidaklah kehidupan kita akan menjadi berbeda?
Penglihatan hati lebih dalam adalah penglihatan yang sejati. “Hatinya tidak mendustakan apa yang telah dilihatnya.” Kearifan sejati datang dari pengetahuan batiniah yang dipadukan dengan penglihatan batiniah.


0 komentar:

Posting Komentar

Berikan TANGGAPAN Anda Tentang INFO ini untuk Memberikan INSPIRASI dan MOTIVASI Pembaca Lain. Tinggalkan KOMENTAR Anda DISINI