Selamat Datang di Web PELATIHANSPIRITUAL.COM

Dapatkan Artikel Spiritual, Ilmu & Makrifat, Solusi Masalah, Kunci Pembuka Rezeki dan Masalah Rumah Tangga. Salam Sehat & Sukses Selalu
Loading Konsultasi Spiritual

Jiwa Insani


Jiwa Insani, terletak di dalam qalb, yakni hati spiritual. Jiwa insani lebih baik daripada jiwa pribadi. Ia adalah wadah dari belas kasih, keimanan, dan kreativitas. Di satu sisi, jiwa insani mencakup jiwa rahasia  dan jiwa Maha Rahasia. Ia wadah dari nilai-nilai dan pengalaman-pengalaman spiritual kita.
Kreativitas dan belas kasih pertama kali muncul pada tingkat jiwa ini. Otak yang berkembang di dalam jiwa pribadi bagaikan sebuah komputer, terutama berkaitan dengan penyimpangan dan manipulasi data, tetapi tidak dengan penciptaan informasi baru. Kreativitas berlangsung di dalam hati. Sayangnya, sistem pendidikan kita terlalu berpusat pada pengembangan intelektualitas. Sehingga sedikit perhatian yang ditujukan pada pengembangan hati, yang disuburkan oleh seni dan ibadah, cinta, serta pengabdian terhadap sesama manusia.
Kecerdasan hati jiwa insani dan kecerdasan abstrak jiwa pribadi saling melengkapi. Berpikir adalah berkaitan dengan analisis inpersonal dan logis. Hati menambahkan belas kasih dan keimanan. Menggabungkan keduanya membawa kita kepada penilaian yang lebih baik. Akal mengetahui apa yang paling efektif, sementara hati mengetahui apa yang benar.
Keceradasan intuitif bekerja tanpa menggunakan akal secara sadar. Bentuk kecerdasan ini disuburkan oleh keimanan terhadap Tuhan atau terhadap keberadaan hakikat yang lebih besar. Kepekaan terhadap dunia eksternal dan kepekaan batiniah berkembang melalui introspeksi diri, perenungan atau zikir, dan belas kasih serta rasa yang tumbuh dari penyesuaian diri terhadap alam, hewan, dan manusia lainnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Berikan TANGGAPAN Anda Tentang INFO ini untuk Memberikan INSPIRASI dan MOTIVASI Pembaca Lain. Tinggalkan KOMENTAR Anda DISINI