Selamat Datang di Web PELATIHANSPIRITUAL.COM

Dapatkan Artikel Spiritual, Ilmu & Makrifat, Solusi Masalah, Kunci Pembuka Rezeki dan Masalah Rumah Tangga. Salam Sehat & Sukses Selalu
Loading Konsultasi Spiritual

Jiwa Maha Rahasia


Sirr al-asrar mencakup sesuatu yang benar-benar transendental melampaui ruang dan waktu. Ini adalah jiwa azali (ruh) yang ditiupkan oleh Tuhan ke dalam diri Adam dalam diri manusia. Ia adalah inti kita, jiwa dari sang jiwa. Ia adalah percikan Ilahi yang suci di dalam diri kita. Untuk alasan ini, imajinasi kita yang berkenaan dengan penciptaan manusia harus dikembangkan. Kita tidak semata-mata berpikir seperti hewan, kita juga bukanlah semata kepribadian kita sendiri. Kemampuan kita bagi pengembangan dan pemahamaman spiritual benar-benar tidak terbatas. Syaiful mengemukakan hubungan antara jiwa insani, jiwa rahasia, dan jiwa Maha Rahasia:

Tuhan menciptakan tubuh untuk didiami oleh sang jiwa. Dia menempatkan roh suci di dalam lubuk hati terdalam, tempat ia ciptakan sebuah ruang terbaik untuk menjaga rahasia tersebut antara Tuhan dan hamba-Nya. Jiwa-jiwa ini berada di bagian yang berbeda dari tubuh.
Tempat “jiwa yang bergerak” (jiwa rahasia) adalah di dalam kehidupan sang hati. Dunia malaikat secara terus menerus berada di dalam pandangannya, suara “jiwa yang bergerak” adalah suara dunia batiniah, tanpa kata-kata, tanpa bunyi. Pemikiran-pemikirannya secara terus-menerus berkaitan dengan rahasia dari makna-makna tersembunyi. Tempat sultan jiwa (jiwa maharahasia) adalah pada lubuk hati terdalam hatinya sang hati. Urusan jiwa ini adalah kearifan Ilahiah. Tugasnya adalah mengetahui seluruh pengetahuan ketuhanan, sebagai medium pengabdian sejati yang diungkapkan oleh bahasa sang hati.

Tuhan Maha Agung mencipatakan roh suci sebagai ciptaan yang paling sempurna di dalam surga. Dia kemudian berkehendak untuk menurunkannya ke dunia yang lebih rendah. Untuk mengajarkan pada roh suci tersebut untuk mencari keintiman dan kedekatan azalinya dengan Tuhan. Dalam perjalannya, Tuhan pertama kali mengirimnya pada dunia akal kausal. Ketika ia melewati dunia ini, ia dibekali busana cahaya Ilahi dan dikurnia nama sultan jiwa (jiwa Maha Rahasia). Ketika ia melewati dunia malaikat, ia dinamai “jiwa yang bergerak” (jiwa rahasia). Ketika ia akhirnya turun ke dunia materi, ia diberi pakaian, bahan yang kasar guna menyelamatkan dunia ini. sebab, jika dunia materi berhubungan dengan dunia ini, ia kemudian dikenal sebagi kehidupan, jiwa insani.
Syekh Muhammad Alkaf kerap menuturkan pada Syaiful M. Maghsri bahwasanya, “Di dalam dirimu adalah apa yang benar-benar melampaui keseluruhan alam semesta.” Di dalam hati kita masing-masing terpancar percikan Ilahi yang tidak dapat di batasi di dalam diri kita, atau ditampung di dunia ini atau ribuan alam semesta yang menyusun keseluruhan ciptaan. Ia juga kita, kita semua harus menyadari siapa diri kita sebenarnya.

Suatu hari aku bertanya Kepada Syekhku,
“Apa perbedaan antara kau dan aku?”
Dan Syekh menjawab, “Hafiz, hanya ini:
Jika sekumpulan kerbau liar menerobos masuk kedalam rumah kita
Dan menjatuhkan
Mangkuk permohonan kita yang kosong
Tidak setetes pun akan tertumpah dari milikmu.
Namun, ada Sesuatu Yang Gaib
Yang Tuhan tempatkan ke dalam milikku
Jika Ia tertumpah dari mangkukku
Ia akan menenggelamkan seluruh dunia.

Didalam satu Hadist Nabi, Allah menyatakan, “Aku tidak dapat ditampung oleh langit dan bumi. Aku hanya dapat ditampung di dalam hati hamba-Ku yang beriman.” Amalan zikir ditujukan untuk membimbing kita menemukan kembali jiwa Maha Rahasia di dalam diri kita. Jika kita dapat mengingat bahwa setiap orang yang kita temui memiliki jiwa yang suci, maka kita akan memperlakukan setiap orang dengan sangat hormat dan belas kasih yang tertinggi. Seluruh hubungan kita akan berubah, dan kehidupan kita secara mendasar ikut berubah.   


0 komentar:

Posting Komentar

Berikan TANGGAPAN Anda Tentang INFO ini untuk Memberikan INSPIRASI dan MOTIVASI Pembaca Lain. Tinggalkan KOMENTAR Anda DISINI