Selamat Datang di Web PELATIHANSPIRITUAL.COM

Dapatkan Artikel Spiritual, Ilmu & Makrifat, Solusi Masalah, Kunci Pembuka Rezeki dan Masalah Rumah Tangga. Salam Sehat & Sukses Selalu
Loading Konsultasi Spiritual

Jiwa Pribadi


Sisi berikutnya dari keseluruhan jiwa adalah ruh nafsani, jiwa pribadi terletak pada otak dan terkait dengan sistem syaraf. Jika perkembangan jantung dan sistem peredaran darah membedakan hewan dari tanaman, maka perkembangan sistem saraf yang kompleks membedakan manusia dari hewan. Sistem saraf yang sangat maju ini menghasilkan kapasitas untuk memori yang lebih besar dan untuk perencanaan dan pemikiran yang lebih kompleks. Kecerdasan jiwa pribadi membuat kita mampu memahami lingkungan kita yang jauh lebih dalam daripada kemampuan yang dimiliki oleh jiwa mineral, tumbuhan, dan hewani.
Ia juga membuat kita mampu merespon dunia di sekeliling kita secara lebih efektif. Kita dapat merencanakan dan mempersiapkan mental kita terhadap kemungkinan efek yng ditimbulkan oleh tindakan kita. Sebagai contoh, pada sebuah eksperimen psikologi klasik, diperlihatkan kepada beberapa ekor anjing sebuah mangkuk penuh makanan yang diletakkan pada arah berlawanan dari pagar rantai. Jika pagar tersebut pendek, maka anjing-anjing tersebut dengan cepat dan mudah mengitarinya untuk mengambil makanan. Ketika pagar tersebut menjadi lebih panjang, maka anjing-anjing tersebut harus pergi lebih jauh dan semakin jauh dari tujan mereka untuk mengitari pagar. Ketika wilayah yang terpagari menjadi semakin lebar, maka anjing-anjing tersebut terdiam di wilayah tepat berada di seberang makanan tersebut dan mencoba menggali di bawah pagar.
Bagaimanpun juga, problem semacam ini tidak menimbulkan kesulitan bagi manusia, termasuk juga anak-anak. Karena ketidakmampuan mereka untuk menbentuk model mental yang kompleks, maka hewan cenderung untuk mendapatkan kepuasan dengan segera dan didominasi oleh motivasi jangka pendek. Perkembangan kecerdasan manusia memberikan jalan bagi kita untuk memiliki rencana jangka panjang dan untuk berfungsi secara lebih efektif di dunia ini. karena itu, sifat kemanusiaan menjadi semangkin kuat dan mendominasi seluruh spesies lainnya.
Jiwa pribadi juga tempat ego. Kita memiliki ego positif dan ego negatif. Ego positif mengantur kecerdasan kita dan memberikan kepekaan terhadap diri kita sendiri. Ia dapat berupa tekanan untuk menghargai diri sendiri, bertanggung jawab, dan integritas. Di sisi lain ego negatif adalah tekanan untuk bersikap egois, angkuh dan merasa terpisah dari manusia lainnya dan Tuhan. Ego positif adalah teman yang baik di jalan spiritual. Ia dapat memberikan ketenteraman batin pada saat guncangan-guncangan tak terhindarkan muncul selama kita berada di jalan spiritual. Ego negatif adalah musuh, ia merusak pandangan kita dan mencemari hubungan kita dengan dunia.
Salah satu perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa ego positif menjadi budak kita dan ego negatif tak henti-hentinya berupaya untuk menjadi tuan kita.
Jiwa pribadi terletak di dalam neocortex, yakni sistem terbesar dari tiga sistem otak kita. Neocortex berkembang secara utuh hanya pada manusia. Ia terdiri dari sepuluh sampai seratus milyar saraf, yang mampu melakukan empat milyun hubungan. Salah satu fungsinya adalah memberi kita kemampuan untuk mengenang pikiran, perasaan, dan perilaku kita. Kita dapat mengembangkan potensi yang luas dari neocortex dengan meningkatkan hubungan antara sel-sel melalui pelatihan kepekaan dan ketidakpekaan di dalam kehidupan keseharian kita.
Banyak manusia yang pintar namun memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki rasa belas kasih. Pembunuh adalah manusia, tetapi ada sesuatu yang penting yang hilang di dalam diri mereka.

Keterikatan terhadap dunia. Hewan dan tumbuhan untuk dunia ini, dan mereka kerap terikat pada tempat tertentu di dunia ini. Contohnya, jika membawa pohon kurma dari Arab dan menanamnya di Alaska, maka ia akan mati. Jika kita membawa pohon per dari Alaska dan menanamnya di Arabia, maka ia tidak akan mampu bertahan. Pada tingkat kehidupan ini, terdapat tingkat fleksibilitas dan adaptasi yang relatif kecil. Hal serupa juga dialami oleh hewan. Jika menempatkan beruang kutub di Arabia, ia tidak akan mampu bertahan (setidaknya tanpa lingkungan yang ber-AC). Demikian juga dengan kuda jantan Arab yang tidak akan bertahan lama di kutub utara. Namun, kita dapat membawa sekelompok orang Eskimo ke Arabia. Hal pertama yang mereka akan lakukan adalah membuka mantel bulu mereka. Mereka akan berkeringat dan merasa kepanasan, namun pada akhirnya mereka akan mampu beradaptasi dengan iklim yang baru tersebut.

Mereka tidak memiliki hati, pada tingkat yang tidak terlalu ekstrem banyak orang mengembangkan ego negatif mereka secara berlebihan dan tidak mengembangkan hati mereka. Kemanusiaan orang-orang tersebut menjadi terhambat ketika jiwa pribadi mendominasi dan mengalahkan fungsi jiwa insani.
Kebudayaan kita adalah mantel bulu yang mengizinkan kita untuk hidup di bagian tertentu di dunia ini. kita mungkin saja sangat terikat dengan mantel bulu kita. Kadang kita tetap memakainya meskipun udara sangat panas. Hal ini menunjukkan bahwa kita tidak sepintar yang kita pikir. Namun, kita dapat mengubah mereka dan mengambil suatu gaya hidup berbeda yang membuat kita mampu bertahan di tempat lain.


0 komentar:

Posting Komentar

Berikan TANGGAPAN Anda Tentang INFO ini untuk Memberikan INSPIRASI dan MOTIVASI Pembaca Lain. Tinggalkan KOMENTAR Anda DISINI