Selamat Datang di Web PELATIHANSPIRITUAL.COM

Dapatkan Artikel Spiritual, Ilmu & Makrifat, Solusi Masalah, Kunci Pembuka Rezeki dan Masalah Rumah Tangga. Salam Sehat & Sukses Selalu
Loading Konsultasi Spiritual

Menciptakan Hubungan yang Sukses


1. Mencintai Diri Sendiri
Fakta pertama yang tidak memungkinkan kita berhubungan dengan hati seseorang adalah jika belum berhubungan dengan dirimu sendiri. Semua hati merupakan interaksi dua arah, dan untuk mewujudkannya diperlukan dua pusat hati yang terbuka dan mampu merasakan cinta. Hingga kau berhubungan dengan pusat hatimu dan merasakannya, pasangan yang berusaha menjangkaumu, akan menemukan bahwa tidak ada sesuatu yang tidak dapat kita hubungi. Sebagi contoh, ketika pasanganmu ingin membuka hatinya, dan menjadi peka terhadapmu, tetapi kau belum belajar membuka hatimu dan peka terhadap diri sendiri, kau tidak akan mampu menerima hadiah dari dia. Kita tidak akan dapat menemukan kerangka berpikir dalam diri mereka yang akan memungkinkan kita memahami dan dapat menghadapi emosi-emosi mereka.


Hadiah yang terbesar yang kita bawa bagi hubungan romantis kita adalah hubungan yang jujur dan sehat dengan diri sendiri. Untuk mencapainya kita harus mengambil suatu tanggung jawab bagi emosi-emosi dan belajar untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kita sendiri. Seperti yang kita lakukan, pertumbuhan self-love akan menolong untuk memahami dan mengantisipasi luka-luka di masa silam, merasa lebih seimbang dalam hidup dan menemukan suka cita yang lebih besar di dunia di sekitar kita. Sebagai akibatnya, kita tidak akan lebih lama lagi menuntut pasangan menjadi penyembuh, penyelamat, atau penghibur. Sebaliknya kita akan mendapatkan rasa kesempatan dalam diri dan merasakan kondisi keutuhan dalam diri kita. Kita dapat mendekati hubungan dari sudut pandang “apa yang kau bawa padanya” lebih dari pada “apa yang perlu kita ambil darinya”. Ini akan secara otomatis mengurangi banyak tekanan  pada pasangan dan pada saat yang sama membuat kita jauh lebih atraktif bagi mereka! Kita secara cepat menemukan bahwa self-love, merupakan bahan yang esensial dalam resep mencapai hubungan yang sukses. 

2.     Rasa Hormat
Adalah sesuatu yang sangat menyedihkan, namun merupakan fakta yang sering terjadi, ketika kita memasuki suatu hubungan romantis, kita terikat dalam perilaku yang paling “gila” dan tidak umum. Meskipun kita mengklaim mencintai pasangan kita lebih daripada siapa pun di dunia ini, kita sering memperlakukan mereka dengan cara yang paling tidak terhormat, cara yang tidak pernah kita impikan untuk dilakukan pada teman-teman, keluarga, atau rekan kerja. Sebagai misal, mungkin kau jadi tidak toleran pada mimpi-mimpi kehidupan pada pasangan kita, secara terus-menerus mengejek dan mencari-cari kelemahan sekecil apa pun pada dirinya, yang selalu akan mengganggu pasangan kita untuk menjadi lebih realitis. Namun jika teman kita datang dengan gagasan-gagasan yang sama, kita jauh lebih terbuka pada rencana-rencana mereka dan bahkan menawarkan untuk mendukung apa yang mereka cari.

Untuk mencegah hubungan kita jatuh ke dalam pencarian celah untuk mencela, yang tidak berguna dan untuk mengangkat derajat seseorang, kita perlu mengembangkan rasa hormat pada pasangan kita dan perjalanaan menemukan diri mreka. Hal tersebut berarti selalu menyokong, mengizinkan, dan menoleransi mereka, ketika mereka berbuat kesalahan-kesalahan dan temuan-temuan, dengan tetap memberikan dasar cinta kasih yang kuat dan bersifat mendukung. Ini tidak berarti, Anda tetap memprotes kekurangan-kekurangan mereka, dengan cara menelpon dan menggosipkannya dengan teman. Penilaian-penilaian, harapan-harapan, pada bagaimana seharusnya mereka berperilaku, atau upaya-upaya lain, sebagai bagian dari upaya untuk memanipulasi perilaku mereka, mengotori kesakralan perjalanan yang kita arungi bersama. Semua itu menjerat kita dengan sebuah kurva yang membatasi diri, pada pola pikir earth level, dan akan mencegah kita mengalami kondisi cinta dan suka cita alamiah, yang merupakan kondisi yang kita harapkan untuk dapat ditemukan kembali dengan terlibat dalam hubungan tersebut.

Agar hubungan sukses, kita perlu menghubungi soul level dan menghormati jalan pencarian jati diri yang kita cari bersama hubungan ini akan menolong kita memahami bahwa peran utama adalah untuk mencintai dan mendukung satu sama lain. Lihat kekasih kita dengan cara ini, sebagai teman dan sahabat, akan memampukan kita untuk berhubungan satu sama lainnya dalam suatu sikap saling menghormati yang selaras dan cara pemberdayaan yang saling mengisi.

3.     Kebebasan 
Pola hubungan lain yang bersifat aneh adalah banyak dari kita mempersamakan berpasangan secara romantis dengan kepemilikan. Bahkan ada yang melampiaskan ketidaknyamanan dalam menjalin hubungan dengan cara mengekang atau mengendalikan. Kita keliru kalau menganggap dapat menghapus rasa putus asa dengan mengendalikan pasangan kita semata. Seperti menginterogasi ke mana mereka pergi, perusahaan yang mereka ikuti, atau jumlah uang yang mereka belanjakan.

Dorongan untuk mengendalikan dapat menjadi tipu muslihat yang halus dan sering mengambil bentuk yang tidak kentara. Sebagai misal, hal pertama yang sering kita lakukan, adalah dengan bergabung dalam hubungan jangka panjang yang potensial, dengan mencoba menindas potensi pasangan kita, yang merupakan daya tarik bagi kita awalnya. Misalnya, ketika kita pertama jatuh cinta pada pasaangan kita, dia hangat, riang, dan suka pesta, maka sekarang hal itu menjadi suatu yang mulai menjemukan, kita bisa menyalahkan dia main gila, padahal sebenarnya melakukan tindakan yang biasa-biasa saja. Kita lakukan ini karena takut, hal tersebut tidak lagi menjadi daya tarik bagi kita, tetapi bisa jadi hal itu juga yang akan menarik orang lain. Hal tersebut muncul karena kuranganya self-love (cinta diri sendiri) dan adanya perasaan yang tidak aman, karena kita tidak cukup membuat pasangan tertarik pada kita. Perilaku tersebut dapat menghalang-halangi pertumbuhan pasangan, bahkan juga akan menyebabkan situasi membingungkan bagi diri kita, dan menuntut kebanggaan diri. Dengan membuat pasangan jadi kecil, kita juga membuat diri sendiri menjadi kecil.




0 komentar:

Posting Komentar

Berikan TANGGAPAN Anda Tentang INFO ini untuk Memberikan INSPIRASI dan MOTIVASI Pembaca Lain. Tinggalkan KOMENTAR Anda DISINI