Selamat Datang di Web PELATIHANSPIRITUAL.COM

Dapatkan Artikel Spiritual, Ilmu & Makrifat, Solusi Masalah, Kunci Pembuka Rezeki dan Masalah Rumah Tangga. Salam Sehat & Sukses Selalu
Loading Konsultasi Spiritual

Mengenal Diri


Pada dasarnya, kita memiliki kemampuan untuk mengenal atau tidak mengenali salah satu dari jiwa kita. Kemampuan ini memberikan kita kekuatan dan kebebasan psikologis luar biasa untuk menggunakan secara efektif segala aspek kepribadian kita yang lebih tepat bagi tiap-tiap tertentu.
Latihan ini adalah jalan untuk membekali Anda kemampuan memusatkan perhatian pada tiap-tiap jiwa. Duduklah dengan nyaman, santai dan ucapkanlah kalimat-kalimat berikut ini dengan perlahan dan penuh kesadaran:
1.             Aku memiliki tubuhku, tapi bukanlah semata tubuhku. Tubuhku mungkin saja sehat atau sakit, letih atau bersemangat, tetapi aku tidaklah sepenuhnya terpengaruh. Aku menghargai tubuhku sebagai alat penyembuhan yang bernilai. Aku memiliki tubuh, namun aku bukanlah semata tubuhku.
2.             Aku memiliki emosi, tapi aku bukanlah semata emosiku. Aku bisa marah, takut, dan bersemangat. Emosi dan motivasiku membantu untuk membuat hidupku bermakna. Emosi bisa saja menghanyutkan aku pada saat-saat tertentu, namun aku dapat mengamati dan memahami emosi dan motivasiku. Aku menghargai emosiku sebagai sumber kekuatan dan motivasi. Aku memiliki emosi, namun aku bukanlah semata emosiku.
3.             Aku memiliki akal pikiran, namun aku bukanlah semata akal pikiranku. Kecerdasanku adalah alat berharga untuk menemukan dan memahami. Kualitasnya berubah seiring semakin banyaknya aku belajar. Aku menghargai akal pikiranku sebagai sumber perencanaan dan pemahaman. Aku memiliki akal pikiran, namun aku bukanlah semata akal pikiranku.
4.             Aku memiliki ego, namun aku bukanlah semata egoku. Harga diriku dan nilai diriku memberiku jalan untuk meraih banyak hal. Aku menghargai egoku yang sehat dan kuat sebagai sumber kekuatan pribadiku dan rasa percaya diriku. Aku memiliki ego, namun aku bukanlah semata egoku.
5.             Aku memiliki hati, namun aku bukanlah semata hatiku. Hatiku memberikan rasa belas kasih, dan melapangkan jalan untuk melihat dan merasakan secara lebih mendalam. Aku menghargai hatiku sebagai sumber perasaanku yang lebih dalam, kreativitas, dan pemahaman. Aku memiliki hati, namun aku bukanlah semata hatiku.
6.             Aku memiliki pusat spiritual, namun aku bukanlah semata pusat spiritualku. Aku menghargai pusat spiritual yang kumiliki sebagai tempat zikir dan pengalaman spiritual yang dalam. Aku memiliki pusat spiritual, namun aku bukanlah semata pusat spiritualku.
7.             Aku adalah seluruh jiwaku, dan aku adalah misteri yang Maha Halus dan kaya, sebuah misteri yang memasukkan kehadiran Tuhan tersembunyi di dalam diriku.

Kemudian Anda dapat mengulangi kalimat utama dari masing-  masing penegasan:
Aku memiliki tubuh, namun aku bukanlah semata tubuhku.
Aku memiliki emosi, namun aku bukanlah semata emosiku.
Aku memiliki akal pikiran, namun aku bukanlah semata akal pikiranku.
Aku memiliki ego, namun aku bukanlah semata egoku.
Aku memiliki hati, namun aku bukanlah semata hatiku.
Aku memiliki pusat spiritual, namun aku bukanlah semata pusat spiritualku.
Aku adalah seluruh jiwaku.



0 komentar:

Posting Komentar

Berikan TANGGAPAN Anda Tentang INFO ini untuk Memberikan INSPIRASI dan MOTIVASI Pembaca Lain. Tinggalkan KOMENTAR Anda DISINI