Selamat Datang di Web PELATIHANSPIRITUAL.COM

Dapatkan Artikel Spiritual, Ilmu & Makrifat, Solusi Masalah, Kunci Pembuka Rezeki dan Masalah Rumah Tangga. Salam Sehat & Sukses Selalu
Loading Konsultasi Spiritual

Efek Spiritualitas Untuk Penyembuhan

Spiritualitas hendaknya tidak hanya dihubungkan dengan aspek keimanan manusia kepada Sang Pencipta saja. Spiritualitas juga sebenarnya merupakan aspek penting dari kesehatan karena memberi kontribusi sebagai obat dan  penyembuh dari segala macam penyakit.

"Spiritualitas telah menjadi bagian terpenting dari kesehatan. Bahkan spritualitas juga memiliki daya penyembuh yang sangat kuat," kata Dr. Taufiq Pasiak, Kepala Devisi Neurosains/ Neuroanatomi Departemen Anatomi-Histologi, Fakultas Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado dalam seminar Healthy Brain for Healthy Life, di MRCCC Siloam Semanggi, Sabtu, (14/1/2012), di Jakarta.
Menurut Taufiq, praktik-praktik spiritual terbukti dapat mengubah dan membentuk struktur otak manusia, di samping juga efeknya terhadap penyembuhan. Bahkan pengetahuan tentang spiritualitas kini sudah menjadi perhatian serius sejumlah dokter ahli jiwa.

Sebuah karya ilmiah dari para ahli kedokteran jiwa menegaskan bahwa spiritualitas dapat menjadi pendukung penting dalam penyembuhan pasien, tetapi juga berpeluang membuat manusia mengalami gangguan jika salah mengartikan ajaran-ajaran agama. 

"Spiritulitas terbukti memiliki nila-nilai yang penting bagi peneguhan kesehatan mental. Artinya, terdapat kaitan sangat kuat antara nilai-nilai spiritualitas dan kesehatan mental," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Suhartono Taat Putra dari Airlangga Soetomo Neuroscience Society memaparkan lima contoh manfaat yang menghubungkan antara praktik spiritualitas dengan kesehatan :

1. Sholat Malam (Tahajud)
Sholat malam ternyata dapat membuat sel-sel dalam tubuh seseorang menjadi aktif. Sebagaimana diketahui, sel yang aktif dapat menjadi alat proteksi tubuh terhadap berbagai ancaman kuman penyakit. 

2. Puasa 
Beberapa penelitian telah memperlihatkan hubungan yang kuat antara puasa dan peningkatan imunitas. Hal ini lantaran ketika berpuasa, produksi oksidan atau radikal bebas berkurang sementara tubuh memproduksi antioksidan. "Asalkan dijalankan dengan benar, puasa itu sebenarnya menyehatkan," katanya.

3. Ibadah haji 
Ibadah Haji merupakan ibadah fisik, karena hampir 90 persen aktifitas ibadah ini memerlukan fisik; dari mulai perjalanan menuju Miqat, Thowaf, Sa'i, pergi menuju Arafah, bergerak menuju Mudzdalifah, bermalam di Mina, sampai melempar jumroh. Kondisi ini sebenarnya secara tidak langsung memberikan manfaat kesehatan kepada Anda, karena dapat meningkatkan ketahanan tubuh.

4. Keikhlasan
Ikhlas pada setiap cobaan yang dialami tampaknya bisa menjadi obat yang ampuh untuk melawan berbagai jenis penyakit. Riset menunjukkan bahwa penderita HIV yang ikhlas menerima keadaan akan mengalami perubahan kadar heat shock protein (HSP) 70. Bahkan, keikhlasan juga dapat membangun komunikasi terapeutik antara pasien dengan perawat.
Contoh: 
seorang perawat yang lama bekerja dan merawat pasien pengidap penyakit TBC ternyata dia tidak pernah tertular penyakit pasien. Mengapa ini terjadi? Setelah dilakukan penelitian ternyata ada perubahan sel dalam tubuh yang menjadi fagosit, sehingga kuman mikroba tidak bisa tumbuh dan justru dimakan. "Jadi, apa pun pekerjaan orang itu asalkan dia melakukannya dengan ikhlas dan sepenuh hati, maka akan beroleh kebahagiaan," jelasnya.

5. Dzikir
Selalu ingat kepada Tuhan ternyata dapat meningkatkan kadar HSP 72 di dalam tubuh. "HSP 72 itu anti apoptosis. Artinya, dia mencegah sel cepat mati," kata Suhartono.




0 komentar:

Posting Komentar

Berikan TANGGAPAN Anda Tentang INFO ini untuk Memberikan INSPIRASI dan MOTIVASI Pembaca Lain. Tinggalkan KOMENTAR Anda DISINI